Khamis, 1 Mac 2018

99

*Kerana Satu...Hilang 99 Kenikmatan.*
.
Seorang Raja termenung di taman istananya. Ia gelisah kerna tak pernah merasakan ketenangan dan sulit sekali menemukan kebahagiaan.
.
Kesihatannya mulai menurun karena ia mulai susah tidur karena banyaknya fikiran yang mengganggu. Padahal selama ini ia tidur didalam kamar yang mewah dan katil yang empuk.

Ditengah lamunannya, sang raja melihat seorang tukang kebun yang sedang bekerja sambil tertawa. Setiap hari ia datang dengan senyuman dan pulang dengan keceriaan. Padahal hidupnya sangat sederhana.

Tak pernah nampak kesedihan di wajahnya. Walau hidup seadanya keluarga kecil itu hidup dengan bahagia.

Raja pun hairan melihat orang ini. Ia memanggil penasihatnya dan bertanya, “Hai penasihatku, telah lama aku hidup ditengah kegelisahan padahal aku memiliki segalanya. Tapi aku sungguh hairan melihat tukang kebun itu. Tak pernah nampak kesedihan di wajahnya, kadang-kadang ia tertidur di bawah rendangnya pohon, seperti tak ada beban dalam hidupnya, padahal ia tidak memiliki apa-apa !”

Sang penasihat tersenyum dan berkata, “Semuanya ditentukan dengan angka 99. Bila tukang kebun itu terkena dampak dari angka ini, maka hidupnya akan gelisah dan ia tidak akan bisa tidur.”

“Apa yang kau maksud dengan dampak dari angka 99 itu?” tanya raja.

Sang penasihat menganjurkan pada sang Raja... “Besok malam perintahkan perajurit untuk menghantarkan hadiah kepadanya. Sediakan satu kotak wang dan tulislah 100 Dinar. Namun isi lah kotak itu dengan 99 dinar saja.”

Raja pun menuruti saranan dari penasihatnya. Ketika hari mulai gelap, perajurit mengetuk pintu rumah tukang kebun ini dengan membawa hadiah.

Si tukang kebun membuka pintu rumahnya dan terkejut melihat perajurit membawa kotak hadiah.
“Ini hadiah dari raja untukmu.” kata si perajurit.
.
“Ya, sampaikan terima kasihku kepada raja.” jawab tukang kebun sambil kegirangan melihat kotak dengan tulisan 100 dinar. Belum pernah ia memiliki wang sebanyak itu.
Ia segera membawa masuk kotak itu dan menghitungnya bersama keluarga.

Namun anehnya, jumlah wang didalam kotak itu hanya 99 dinar. Dia pun menghitung ulang lagi, tapi tetap jumlahnya 99.

Dia yakin, pasti ada wang yang jatuh. Dia mencari-cari di sekitar pintu, tapi tak menemukan apa-apa. Akhirnya dia mencuba untuk menelusuri sepanjang jalan menuju istana. Semalaman ia mencari tapi tetap tidak menemukan apa-apa.

Matahari mulai terbit, Raja beserta penasihatnya menanti tukang kebun ini. Tak berapa lama dia datang dengan wajah yang masam dan merengut. Raja pun hairan dan bertanya pada penasihatnya, “Apa yang terjadi? Tak biasanya kau datang dengan wajah seperti ini !”

Saat itulah Penasihat Raja menjawab seraya menjelaskan maksud dari dampak angka 99 itu, “Duhai Raja, begitulah kehidupan. Kita memiliki banyak hal namun kita mencari yang tidak kita miliki. Orang ini mendapatkan 99 dinar secara percuma namun ia sibuk mencari 1 dinar yang hilang..."
.
_*Catatan Moral:*_
_Munculnya kegelisahan hati karena kita mencari sesuatu yang tidak kita miliki, sementara kita tidak pernah mensyukuri banyaknya anugerah yang kita punya._

_Kisah ini memberi pelajaran yang sangat berharga bahwa nikmat yang tuhan telah dicurahkan begitu banyak kepada kita, namun kita sibuk menanti sesuatu yang belum pasti datang._

_#JanganLupaBahagia..._
_#SekadarRenungan..._

Tiada ulasan:

Catat Ulasan