Isnin, 12 Ogos 2013

5sadar

5 Kesadaran dalam beramal

5 Tahap Kesadaran, dimanakah Anda?
1. Kesadaran Mengikuti, adalah tahap awal sebuah kesadaran sebelum seseorang melakukan sesuatu. Ia beramal hanya karena ikut-ikutan orang lain. Contoh : saya sedekah karena saya melihat orang lain yang sedekah hidupnya bahagia.
2. Kesadaran Mengetahui, adalah tahap kesadaran memahami tentang ilmu dari apa yang dilakukannya.Ia sudah paham kenapa ia harus beramal. ia beramal bukan karena sekedar ikut-ikutan.  Contoh : saya sedekah karena saya tahu bahwa sedekah itu bisa menolak bencana dan saya pun paham dalil-dalil perintah sedekah.
3. Kesadaran Menyenangi, adalah tahap kesadaran rasa dimana ia menyenangi dan menikmati apa yang dilakukannya. Ia bukan lagi sekedar tahu dasar ilmunya, tapi sudah mulai menyenangi aktifitas keilmuan yang ia lakukan. Contoh : bagi saya sedekah itu sungguh menyenangkan dan saya sangat menikmatinya bisa membantu sesama.
4. Kesadaran Menghayati/Menyatu, adalah sebuah tahap kesadaran yang lebih dalam dari sekedar menikmati/menyenangi. Dalam penghayatan ada unsur keyakinan, kenikmatan, dan kepahaman yang saling sinergis. Penghayatan adalah cinta. Sehingga ia menyatu dengan aktivitas yang dilakukannya. Baginya sedekah adalah sebuah proses yang menyelaraskan dirinya dengan sunnatullah semesta-Nya. Ia dan sedekah adalah dua hal yang menyatu untuk saling mengisi dan melengkapi.
5. Kesadaran Meng-ESA-kan, sebuah tahap kesadaran yang meniadakan diri dalam liputan keberadaan-Nya. Semua proses adalah bagian dari penghambaan yang penuh penghayatan kepada-Nya. Semua aktivitasnya adalah semakin meniadakan dirinya dihadapan-Nya . Sedekahnya bukan lagi hitung-hitungan dunia dan rasa belaka. Tapi ia bersedekah untuk semakin lenyap dalam ke-eksis-an-Nya.
Wallahu a'lam 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan